Friday, April 11, 2014

mengenal apa itu diabetes mellitus

Apa sih diabetes mellitus itu? Anda pasti sudah sering mendengar kata diabet atau diabetes. Atau mungkin sudah banyak yang tahu kalo diabetes mellitus adalah padanan kata dari sakit gula yang lebih dikenal dengan sebutan kencing manis. Diabetes mellitus merupakan suatu kelompok penyakit metabolik dengan karakteristik hiperglikemia (kadar gula berlebihan dalam darah) yang terjadi karena kelainan sekresi insulin, kinerja insulin, atau gabungan dua-duanya.


Hiperglikemia yang terjadi terus menerus pada diabetes berhubungan dengan kerusakan jangka panjang, disfungsi atau kegagalan organ tubuh terutama mata, ginjal, saraf, jantung dan pembuluh darah.  WHO sudah merumuskan bahwa diabetes mellitus merupakan sesuatu yang tidak dapat dituangkan dalam satu jawaban yang jelas dan singkat, tetapi secara umum dapat dikatakan sebagai suatu kumpulan masalah anatomik dan kimiawi akibat defisiensi insulin absolut atau relatif dan gangguan fungsi insulin.

Lalu bagaimana cara mendiagnosis diabetes mellitus? Perubahan dalam cara diagnosis dan klasifikasi diabetes mellitus terus menerus terjadi baik oleh WHO maupun American Diabetes Association (ADA). Para pakar di Indonesia pun sepakat melalui PERKENI (Perkumpulan Endokrinologi Indonesia) pada tahun 1993 untuk membicarakan standar pengelolaan diabetes mellitus, dan hingga kini telah terjadi beberapa kali revisi.

Secara epidemiologi diabetes mellitus seringkali tidak terdeteksi dan dikatakan onset atau mulai terjadinya diabetes adalah 7 tahun sebelum diagnosis ditegakkan, sehingga morbiditas dan mortalitas lebih awal terjadi pada kasus yang tidak terdeteksi. Ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa dengan adanya urbanisasi , populasi diabetes tipe 2 akan meningkat 5 – 10 kali lipat. Karena terjadi perubahan perilaku rural-tradisional menjadi urban. Faktor resiko diabetes yang berubah secara epidemiologi diperkirakan adalah : bertambahnya usia, lebih banyak dan lebih lamanya obesitas, distribusi lemak tubuh, kurangnya aktifitas jasmani dan hiperinsulinemia. Semua faktor ini berinteraksi dengan beberapa faktor genetik yang berhubungan dengan terjadinya diabetes mellitus tipe 2.

Diabetes saat ini sudah merupakan penyakit global dan bisa dikatakan menjadi suatu epidemik. Banyak penelitian dilakukan untuk mencari solusi mengatasi diabetes mellitus. Saat ini diseluruh dunia penelitian-penelitian yang dilakukan bertujuan untuk memperbaiki kehidupan orang dengan diabetes mellitus, ada yang berusaha untuk mencari obat untuk menyembuhkannya, dan ada pula yang mempelajari dampak diabetes pada beberapa populasi di dunia.


Satu-satunya cara untuk mengobati diabetes mellitus adalah dengan cara pencegahan sedini mungkin. Mulailah dari sekarang untuk mengatur pola makan menjadi lebih baik dan sehat. Berolahraga teratur disela-sela padatnya pekerjaan. Hindarilah kebiasaan merokok dan mengkonsumsi alkohol. Stress juga merupakan faktor resiko yang sering dilupakan. Relaksasi dan rekreasi juga perlu dimasukkan ke dalam agenda anda maupun keluarga anda. Niscaya jika kita melakukan pola hidup sehat sedini mungkin, tubuh kita akan terhindar dari penyakit diabetes mellitus. Kenalilah apa itu diabetes mellitus.

No comments:

Post a Comment