Saturday, April 26, 2014

Kenali gejala diabetes berikut ini

gejala diabetes

Gejala diabetes harus dikenali oleh setiap orang. Terutama bagi anda yang memiliki garis keturunan diabetes. Banyak pertanyaan yang datang ke saya baik itu dari teman atau dari pasien mengenai gejala diabetes. Umumnya mereka panik dan takut bahwa mereka mengalami gejala yang saya sebutkan akhir-akhir ini. Saya mencoba menenangkan mereka, “belum tentu, cek darah saja dulu”, kata saya. Ya, untuk mendiagnosis diabetes tidak bisa sembarangan, ada beberapa kriteria yang digunakan untuk mendiagnosis. Tapi modal pertama mendiagnosis diabetes adalah dengan mengetahui gejala diabetes terlebih dahulu.


Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan apa saja gejala diabetes. Gejala diabetes ini saya sering sampaikan di hadapan pasien maupun ketika berbicara di hadapan orang banyak, jadi disimak ya, jangan ada yang tidur hehehe.

Mau makan terus (poliphagia)

Gejala diabetes yang pertama adalah anda maunya makan terus. Baru makan beberapa menit yang lalu tida-tida sudah ada perasaan lapar. Lantas apa bedanya dengan ngemil? Jelas berbeda, ngemil adalah kebiasaan memasukkan makanan kedalam mulut dan biasanya adalah snack ringan. Sedangkan ini disertai perasaan lapar yang bisa dikatakan tak tertahankan.

Penyebab poliphagia ini adalah glukosa yang baru saja anda makan tidak dapat di konsumsi oleh sel-sel tubuh. Glukosa tidak dapat masuk atau hanya sedikit sekali masuk ke dalam sel dan hanya terapung di dalam aliran darah saja. Sementara sel tubuh anda terus  “kelaparan” , mereka mengirim sinyal ke otak untuk terus makan dan makan. Padahal apa yang anda makan hanya tertumpuk di aliran darah. Mengerikan bukan?

 Mau minum terus (polidipsi)

Gejala diabetes yang kedua adalah anda merasa haus terus-terusan. Ini bukan disebabkan oleh panasnya cuaca atau anda sedang berpuasa lho ya. Sensasi haus muncul karena begitu kental dan pekatnya darah anda yang dipenuhi oleh glukosa. Viskositas di dalam pembuluh darah yang terlalu tinggi merangsang otak anda untuk memerintahkan anda untuk minum. Tujuannya untuk mengurangi kekentalan di dalam darah. Akan mengerikan apabila yang diminum adalah minuman yang manis. Siklus yang tidak akan pernah selesai.

 Kencing terus (poliuria)

Gejala diabetes yang ketiga adalah anda sering kencing. Bukan karena anda kebanyakan minum. Sifat glukosa adalah menarik atau membawa air. Ketika melewati ginjal, glukosa ada (bahkan banyak) yang tersaring menjadi urin. Air pun akan ikut terbawa dan tertampung di dalam kandung kemih. Ketika sudah mencapai ambang batasnya, kandung kemih pun akan memerintahkan otak anda untuk segera buang air kecil. Umumnya pasien mengeluhkan sering kencing di malam hari sehingga mengganggu tidur.

 Penurunan berat badan tanpa diketahui sebab lainnya

Gejala diabetes yang keempat adalah badan menjadi kurus, padahal makannya banyak. Wah bagi para pecinta dan pelaku diet jangan senang dulu. Kurus disini adalah kurus secara patologis alias kurus akibat penyakit. Karena glukosa tidak dapat digunakan oleh sel-sel tubuh maka terjadilah lipolisis alias pemecahan sel-sel lemak agar dapat digunakan menjadi energy. Wah jadi lemak nya akan hancur dong? Iya jangan senang dulu, hancurnya lemak ini karena terpaksa, glukosa anda tidak bisa dipakai.


gejala diabetes
luka kok ga sembuh-sembuh ?
Itu adalah 4 gejala diabetes yang khas. Ada gejala diabetes lain yang sering dikeluhkan pasien seperti gatal-gatal di daerah kemaluan, merasa kesemutan di kaki atau tangan, dan yang paling terkenal adalah luka yang tidak kunjung sembuh. Adapun bagi anda yang pernah atau sedang mengalami gejala-gejala di atas, segera konsultasi dengan dokter terdekat dan jangan buru-buru menghakimi anda terkena diabetes, begitu saran pak dokter J

No comments:

Post a Comment