Tuesday, April 29, 2014

Ini dia penyebab diabetes yang anda tidak sadari


penyebab diabetes

Sebenarnya jika kita berbicara mengenai penyebab diabetes tidak perlu terlalu mendalam sampai patofisiologi diabetes mellitus. Itu terlalu rumit, apalagi sampai menggunakan bahasa-bahasa medis yang njlimet dan biasanya hanya dipahami oleh para klinisi saja. Banyak penyebab diabetes yang mungkin sering sekali kita lakukan (mungkin termasuk saya) dan itu tidak kita sadari. Apa saja? Silahkan disimak

     1.  Kebanyakan duduk

penyebab diabetes
Penyebab diabetes yang pertama adalah kebanyakan duduk. Coba hitung berapa lama anda duduk dalam sehari. Ketika saya menulis artikel ini pun saya juga menulisnya dalam posisi duduk. Ketika anda berkomunikasi lewat media social dengan kolega atau teman kebanyakan juga dalam posisi duduk, jarang dalam posisi berdiri. Ya, kita semua sebenarnya telah menjalani pola hidup duduk atau sedentary lifestyle, akibatnya kita semua kurang aktivitas fisik dan lemak pun akan menumpuk. Apalagi bagi anda yang kerjanya lebih banyak duduk seperti orang kantoran, supir, atau seorang customer service.

Cara mengatasi:  sesekali relaksasikan tubuh anda setelah terlalu lama duduk. Bisa diselingi diantara tumpukan pekerjaan dengan berjalan menghampiri teman kantor atau berolahraga ringan dengan naik turun tangga :D

      2.  Hobi ngemil

penyebab diabetes
Namanya hobi pasti sulit untuk dihentikan. Apalagi ngemil, godaan dari aneka makanan ringan yang tersebar dimana-mana sangat susah ditahan. Apalagi sekarang menjamur penjual camilan dan minimarket pun makin banyak yang buka 24 jam. Tahukah anda bahwa kebanyakan camilan itu mengandung karbohidrat dan natrium tinggi? Keduanya merupakan kawan akrab dan mempunyai misi sama yakni merusak tubuh apabila kita mengkonsumsinya terlalu over. Percayalah, kebanyakan ngemil akan meningkatkan resiko diabetes dan hipertensi serta kantong kering.

Cara mengatasi: Atur pengeluaran anda sebaik mungkin. Jangan alokasikan budget terlalu banyak untuk membeli camilan. Belanja keperluan bulanan sebaiknya memang di awal bulan. Kadang ketika kita berbelanja saat keperluan habis setiap minggu, pasti ada hasrat membeli cemilan. Selain itu tidur malam lebih cepat dari pada begadang, karena ketika dini hari secara normal manusia memang merasa lapar.

     3. Begadang

penyebab diabetes
Bagi anda pecinta tidur malam atau bahasa kerennya kalong malam, pernahkah anda merasa sekitar jam 12 an malam atau tepat pergantian hari perut anda terasa keroncongan? Mengapa hal itu bisa terjadi, sebenarnya itu adalah pengosongan lambung dari makanan terakhir yang anda makan, yakni makan malam. Normalnya pengosongan lambung terjadi 4-6 jam setelah lambung diisi. Bunyi keroncongan ini begitu menggoda dan ujung-unjung nya anda akan menyantap makanan atau menyalakan motor menuju warung 24 jam hehehe. Okelah jika ini sesekali, tapi kalo berkali-kali, makanan yang anda makan ujung-ujungnya berubah jadi lemak.

Cara mengatasi: jelas jangan tidur terlalu malam kecuali ada liga inggris atau liga champion hehehe. Selesaikan pekerjaan anda dan jangan ditunda-tunda. Kalau memang banyak yang belum selesai, selesaikan keesokan harinya. Kecuali anda dikejar deadline itu lain cerita.

      4.  Kebanyakan tidur

penyebab diabetes
Nah kalo yang ini berlawanan dengan poin nomer empat. Tidur yang baik adalah tidur yang berkualitas. Bukan dilihat dari kuantitas atau banyaknya waktu tidur. Standarnya manusia normal tidur 6-8 jam sudah cukup. Lebih dari itu selain mengurangi kualitas atau gairah hidup anda, juga tidak baik untuk kesehatan. Bagi yang sudah pernah dengar istilah TAMATTU alias tangi, mangan, turu (bangun, makan, tidur) pasti paham kalau kebiasaan ini tidak baik. Kebanyakan tidur itu sama dengan sedentary lifestyle yang berujung pada obesitas.

Cara mengatasi: Bikin jadwal harian anda. Selain jadwal anda harus mempunyai target yang harus dicapai pada hari itu juga. Cukup beristirahat dan juga lakukan olahraga ringan setiap harinya agar tubuh segar bugra dan bawaannya tidak terasa mengantuk.


Jadi saran pak dokter hindari ke empat penyebab diabetes di atas. Memang kelihatan sepele, tapi kebiasaan yang tidak disadari di atas bisa berdampak buruk bagi kesehatan kita kelak.

No comments:

Post a Comment