Saturday, May 10, 2014

Ini dia penyebab penyakit kelamin yang bisa jadi menyerang anda

penyakit kelamin

Penyakit kelamin adalah penyakit yang penularannya terutama melalui hubungan seksual. Kalo ngomongin penyakit kelamin biasanya mata pada melek nih hehehe. Nah cara hubungan kelamin tidak hanya terbatas pada genitor-genital (antar kelamin) saja, tetapi dapat juga secara oro-genital (mulut ke kelamin), atau ano-genital (anus ke kelamin), sehingga kelainan yang timbul akibat penyakit kelamin ini tidak terbatas hanya pada daerah genital saja, tetapi dapat juga pada daerah di luar genital.

Namun tidak semua penyakit kelamin tertular akibat hubungan seksual saja. Bisa saja ditularkan melalui kontak dengan alat-alat medis seperti handuk, thermometer, peralatan ginekolog, dan sebagainya. Selain itu penyakit kelamin ini dapat juga ditularkan dari si ibu pada bayinya sejak di dalam kandungan.

Dahulu penyakit kelamin dikenal dengan sebagai venereal disease (VD) yang berasal dari kata venus (dewi cinta), yang termasuk dalam venereal disease ini antara lain sifilis, gonore, ulkus mole, limfogranuloma venereum, dan granuloma inguinale. Ternyata pada akhir-akhir ini ditemukan berbagai penyakit lain yang juga dapat timbul akibat hubungan seksual seperti herpes genitalis dan hepatitis B. Padahal penyakit itu sebelumnya tidak pernah muncul dalam kategori penyakit kelamin.

Oleh karena itu istilah VD makin lama makin di tinggalkan. Istilah Sexually Transmitted Disease (STD) yang berarti penyakit-penyakit yang dapat ditularkan melalui hubungan kelamin. Bahasa jawanya STD ini adalah IMS. Apa itu IMS? IMS adalah singkatan dari infeksi menular seksual. Mungkin anda sering mendengar kata IMS kan? Nah, IMS ini mempunyai beberapa ciri, yaitu:
  • Penularan infeksi tidak selalu harus melalui hubungan kelamin
  • Infeksi dapat terjadi pada orang-orang yang belum pernah melakukan  hubungan kelamin
  • Sebagian penderita adalah akibat korban keadaan diluar kemampuan mereka, dalam artian mereka sudah berusaha sepenuhnya untuk tidak terjangkit penyakit, tetapi kenyataan tetap juga terjangkit.

Ini dia penyebab penyakit kelamin (infeksi menular seksual)


Bakteri
Neisseria gonorrhoeae adalah penyebab gonore (kencing nanah), infeksi saluran kemih seperti uretritis, dan dapat juga infeksi pada mata yakni conjungtivitis gonore, biasanya mengenai bayi yang dilahirkan melewati jalan lahir terinfeksi bakteri ini. Selain itu ada Chlamydia trachomatis, treponema pallidum yang terkenal karena penyebab sifilis, dan ada Gardnerella vaginalis yang dapat menyebabkan vaginitis.

Virus
Virus yang menjadi penyebab IMS adalah virus Herpes simplex yang menyebabkan herpes genitalis. Virus hepatitis B yang dapat menyebabkan peradangan pada hati bahkan berlanjut menjadi kanker hati. Jangan lupakan human papilloma virus si penyebab kanker serviks yang amat ditakuti oleh para wanita. HPV juga menyebabkan kondiloma akuminata atau yang dikenal dengan sebutan penyakit jengger ayam.  Siapa sih yang tidak tau dengan HIV? Human Immunodeficiency Virus dapat menyebabkan kerusakan imun yang permanen atau yang sering kita dengar dengan sebutan AIDS (Acquired Immuno Deficiency Syndrome). Virus ini selain ditularkan melalui hubungan seksual, bisa ditularkan melalui kebiasaan pemakain jarum suntik narkoba atau bisa karena kurang sterilnya peralatan medis.

Protozoa
Salah satu protozoa yang terkenal penyebab penyakit kelamin adalah Trichomonas vaginalis. Trichomonas vaginalis terbukti menyebabkan infeksi pada vagina dan apabila tidak ditangani dengan tepat dapat menyebar ke saluran kemih dan menyebabkan uretritis.

Jamur
Jamur atau fungal termasuk sering menyebabkan penyakit kelamin. BIasanya ditandai dengan keputihan yang warnanya kental seperti susu dan melekat kuat pada dinding vagina. Tidak hanya di vagina, karena jamur merupakan pathogen yang mudah tumbuh di lingkungan yang lembab, mereka dapat tumbuh hingga vulva (daerah sekitar kemaluan). Jamur penyebab terbanyak penyakit kelamin adalah Candida albicans.

Patogen lainnya yang dapat menyebabkan penyakit kelamin adalah Phthirus pubis yang dapat menyebabkan pedikulosis pubis atau kutu pada rambut kemaluan. Selain itu yang terkenal dikalangan anak pesantren adalah penyakit scabies yang disebabkan oleh Sarcoptes scabei varian hominis.
penyakit kelamin
say no to free sex, merit aje :)


Itulah penyebab penyakit kelamin yang cukup sering ditemukan. Pencegahannya adalah dengan hidup bersih dan tidak melakukan hubungan free sex. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat J   

No comments:

Post a Comment