Friday, May 2, 2014

Ini dia ciri-ciri diabetes yang harus anda waspadai



Penyakit diabetes adalah salah satu penyakit yang ditakuti oleh semua orang. Saya dan anda pasti tidak mau terkena penyakit yang mengerikan ini. Memang sedini mungkin kita harus melakukan pencegahan agar tidak terkena diabetes. Langkah pertama yang dapat kita lakukan adalah mengenali ciri-ciri diabetes itu sendiri. Sebenarnya saya sudah membahas artikel mengenai gejala diabetes sebelumnya. Namun yang saya bahas pada artikel itu adalah gejala mayor atau gejala yang sudah hampir pasti mengarah pada penyakit diabetes.

Tetapi selain gejala mayor pasti ada yang namanya gejala minor. Gejala minor ini justru yang harus kita waspadai. Karena munculnya kadang tanpa kita sadari, kadang dapat kita rasakan, kadang justru hilang sendiri. Gejala minor ini bisa jadi adalah ciri-ciri diabetes yang kita takuti. Seperti apa sih gejala minor diabetes itu? Mari simak gejala yang bisa jadi ciri-ciri diabetes


     1. Lemah, letih, lesu
Lemah, letih, dan lesu atau yang biasanya disingkat 3L ternyata tidak hanya menjadi miliknya penyakit anemia saja. Anda pasti sudah sering mendengar di iklan bahwa 3L adalah tanda-tanda dari penyakit anemia. Ternyata gejala ini bisa jadi ciri-ciri diabetes melitus. Kenapa bisa muncul gejala ini? Jawabannya adalah sel-sel tubuh kelaparan, karena glukosa yang tertumpuk di darah tidak bisa atau hanya sedikit yang bisa diolah menjadi energi. Sehingga si manusianya juga akan kekurangan energi untuk aktivitas sehari-hari.

     2.  Kesemutan
Dampak dari diabetes melitus adalah starving (kelaparan) tingkat seluler. Semua sel yang ada di tubuh kita bahan makanannya adalah glukosa dan oksigen termasuk sel-sel saraf. Sel-sel saraf ibarat kabel listrik yang sambung-menyambung menghantarkan impuls listrik di dalam tubuh. Kesemutan yang berulang-ulang bisa jadi adalah ciri-ciri diabetes melitus, jadi jangan disepelekan apabila anda atau orang yang anda sayangi sering mengalami kesemutan atau rasa baal, segera periksakan ke dokter atau minimal cek gula darah sewaktu yang banyak ditemui di apotek terdekat

     3.  Gatal
Banyak pendapat mengenai timbulnya sensasi gatal pada penderita diabetes melitus. Namun yang paling banyak dianut adalah rasa gatal yang muncul akibat keringnya permukaan kulit dikarenakan matinya sel-sel kulit. Gatal yang muncul bisa hanya pada satu lokasi saja atau bahkan diseluruh bagian tubuh. Rasa gatal akan semakin dominan apabila terjadi infeksi pada kulit.

     4.  Pandangan kabur
Walaupun pandangan kabur lebih sering terjadi pada orang usia lanjut, usia dewasa wajib waspada apabila mengalami pandangan kabur. Pandangan kabur bisa saja diakibatkan oleh kelainan visus. Tetapi penyakit diabetes juga dapat menyerang mata terutama bagian retina dan kornea. Segera periksakan ke dokter mata apabila pandangan anda atau orang yang anda sayangi terasa kabur. Bisa jadi itu ciri-ciri diabetes, soalnya apabila terlambat ditangani, pronosanya (persentase kesembuhan) akan buruk.

     5.  Tidak bisa “berdiri”
Hal ini hanya diderita oleh laki-laki saja. Maksud dari kata tidak bisa berdiri di sini adalah disfungsi ereksi. Komplikasi diabetes itu ke seluruh tubuh dan seluruh organ, termasuk organ reproduksi juga. Kan malu sama pasangan apalagi pasangannya masih cantik dan muda hehehe. Faktanya, masalah disfungsi ereksi ini sudah sering ditemui dan bahkan ada klinik khusus untuk menangani disfungsi ereksi. Hati-hati disfungsi ereksi juga termasuk ciri-ciri diabetes.

     6.  Gatal pada vulva
Apa itu vulva? vulva adalah salah satu merek mobil. Oh itu V*lvo ya? Hehehe. Vulva adalah bagian tubuh wanita tepatnya disekitar kelamin. Gampangannya seperti itu ya. Nanti kalo dijelaskan lebih rinci yang laki-laki mikirnya kemana-mana :D . Gatal yang terjadi pada vulva bisa disebabkan oleh bermacam-macam penyakit antara lain infeksi yang disebabkan jamur, virus atau  bakteri. Salah satu ciri-ciri diabetes adalah gatal pada vulva. Segera periksakan ke dokter untuk mencari tahu penyebab pastinya. Jangan ditunda

     7. Luka yang sulit sembuh
Nah mungkin ini yang paling terkenal. Semua orang tahu kalau luka yang sulit sembuh adalah ciri-ciri diabetes. Biasanya lokasi yang sering terkena adalah kaki namun bisa juga di bagian tubuh yang lain. Kaki lebih sering terkena karena kaki lebih rentan luka. Luka yang awalnya kecil bisa semakin melebar dan semakin berbahaya bila terkena infeksi. Jika menemukan luka yang sulit sembuh sebaiknya segera cek kadar gula darah untuk menentukan apakah ada kaitannya dengan penyakit diabetes melitus.


Itulah ciri-ciri diabetes yang perlu anda waspadai. Beritahu sodara, keluarga, atau orang-orang yang anda sayangi agar bisa sedini mungkin mencegah atau mengobati diabetes agar tidak terjadi komplikasi lebih lanjut. Gitu aja ya saran pak dokter J

No comments:

Post a Comment