Tuesday, May 13, 2014

Penyebab hipertensi yang mungkin sering anda lakukan

penyebab hipertensi
merokok merupakan salah satu penyebab hipertensi


Halo ketemu lagi dengan ane, masih dalam bahasan hipertensi ya. Kali ini mari kita bahas apa saja sih penyebab hipertensi.

Penyebab hipertensi dibagi menjadi dua golongan yaitu : hipertensi esensial / primer, yaitu hipertensi yang tidak diketahui penyebabnya, dan ada kemungkinan karena faktor keturunan atau genetik ;  yang kedua adalah hipertensi sekunder, yaitu hipertensi yang merupakan akibat dari adanya penyakit lain seperti kelainan pada ginjal dan gangguan kelenjar tiroid. Hipertensi primer ini menempati 90% penyebab hipertensi dan hipertensi sekunder adalah sisanya.

Faktor ini biasanya juga erat hubungannya dengan gaya hidup dan pola makan yang kurang baik. Faktor makanan yang sangat berpengaruh adalah kelebihan lemak (obesitas), konsumsi garam dapur yang tinggi, merokok, dan minum alkohol. Apabila orang tua memiliki atau mengidap hipertensi, maka kemungkinan menderita hipertensi menjadi lebih besar. Selain itu pada pasien hipertensi  yang kembar monozigot alias satu telur, ternyata kembarannya juga menderita hipertensi. Ini berarti mendukung dugaan bahwa faktor keturunan mempunyai peran dalam terjadinya hipertensi.

Meningkatnya resiko hipertensi karena faktor keturunan tidak dapat dihindari lagi, jika kedua orang tua mengidap hipertensi. Oleh sebab itu, untuk mengurangi resiko hipertensi, anda harus dapat mengontrol faktor-faktor resiko lainnya. Faktor-faktor lain yang mendukung terjadinya hipertensi antara lain stress, kegemukan (obesitas), pola makan, merokok, dan kurang olahraga. Pola hidup sering stress, berat badan di atas normal, pola makan tinggi lemak dan rendah serat, merokok serta kurang olahraga meningkatkan resiko terkena hipertensi. Sudah banyak penelitian yang membuktikan hal ini.

MSG juga penyebab hipertensi

Selain itu, hipertensi juga terjadi karena begitu banyaknya konsumsi lemak dan garam-garaman atau penguat rasa dalam makanan di zaman sekarang ini. Banyaknya lemak dan tingginya kadar garam dapur serta berbagai penguat rasa seperti MSG atau micin serta gula yang tidak terkontrol sudah menjadi bagian dari makanan cepat saji atau makanan sampah (junk food). Namun justru zat-zat tersebut yang menjadi keunggulan yang ditawarkan makanan cepat saji tersebut. Cita rasa yang enak, penampilan yang menarik, disajikan dengan praktis, mudah dikonsumsi, membuat makanan seperti ini sangat disukai secara global dan sangat populer dari dewasa bahkan anak-anak sekalipun yang seharusnya makan makanan dengan gizi tinggi.

penyebab hipertensi
kurangi MSG sekarang juga
Padahal makanan jenis inilah yang memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Apalagi mengkonsumsi makanan seperti ini ditambah dengan kebiasaan merokok dan meminum alkohol. Kasihanilah tubuh anda. Usahakan mulai sejak dini atau paling tidak setelah membaca artikel ini ubahlah gaya hidup anda menjadi gaya hidup yang sehat. Tidak ada jaminan seorang manusia untuk berumur panjang. Walaupun setiap manusia sudah dituliskan takdirnya (kematiannya), tetap saja manusia bisa berusaha sebaik mungkin untuk memperbaiki kualitas hidupnya.

Kesimpulannya, penyebab hipertensi bisa kita kelompokkan menjadi dua yaitu penyebab unmodifiable atau penyebab yang tidak dapat di modifikasi seperti usia, faktor keturunan, dan genetik. Kedua adalah penyebab modifiable atau penyebab yang dapat dimodifikasi seperti berat badan, stress, pola makan, kurang gerak atau olah raga.

Jadi inilah sedikit bahasan mengenai penyebab hipertensi. Ane berharap para pembaca jadi tersadarkan dan memberi tahu orang-orang yang disayangi apabila merasa artikel ini bermanfaat. Dapatkan artikel mengenai kesehatan lainnya di blog saran pakdokter ya J

No comments:

Post a Comment